logo

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA BULUKUMBA, Menuju Wilayah dari Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani, HINDARI CALO, PETUGAS KAMI TIDAK MENERIMA APAPUN KECUALI SENYUMAN ANDA, KARENA PEMBERI DAN PENERIMA SUAP MASUK NERAKA,,,PESAN INI DISAMPAIKAN OLEH ALIM,,,

on . Hits: 93

 

PA BULUKUMBA MELAKSANAKAN DISKUSI HUKUM

 

Selasa, 9 Februari 2021, Pengadilan Agama Bulukumba menggelar Diskusi Hukum. Diskusi Hukum digelar di Aula PA Bulukumba. Hadir dalam Diskusi Hukum, Ketua PA Bulukumba, YM M. Safi’i, S.Ag.,MH, Waka DR Wildana Arsyad, S.HI.,M.HI, seluruh Hakim serta unsur Kepaniteraan (Panitera, Panmud, Panitera Pengganti) dan Juru Sita Pengganti.

 

 

Diskusi hukum dilaksanakan dalam rangka untuk mencari titik temu sekaligus menyamakan persepsi tentang berbagai hal terkait perkara yang ditangani saat ini terutama perkara yang masuk kategori “complex case”, yaitu kasus yang memiliki tingkat kerumitan cukup tinggi.

 Sebagaimana diketahui bahwa saat ini Pengadilan Agama Bulukumba termasuk PA Bulukumba yang secara kuantitas, punya perkara yang lumayan banyak. Selain jumlah perkara yang diterima cukup banyak, perkara yang masuk juga sangat beragam. Dengan kondisi seperti ini tentu membutuhkan langkah-langkah agar percepatan penyelesaian perkara bisa tepat waktu sehingga sisa perkara pada akhir tahun bisa ditekan.

 

 

Menurut salah seorang peserta diskusi yang juga notabene Hakim PA Bulukumba, Muslindasari, S.Sy, Diskusi yang dilakukan banyak memberi manfaat terutama dalam menyamakan persepsi dalam melihat sebuah persoalan. “Terima kasih saya sampaikan kepada YM bapak Ketua karena sudah menginisiasi pertemuan yang dikemas dalam bentuk Diskusi Hukum ini, karena dengan diskusi hukum yang dilakukan akan memperkaya perspektif dalam melihat sebuah persoalan sehingga akan lebih mudah dalam memutus suatu perkara”, kata ibu Linda sapaan akrab beliau.

Sementara itu Panitera PA Bulukumba, Husain, S.H., M.H, menuturkan bahwa dalam Diskusi Hukum yang baru saja dilaksanakan banyak mengulas tentang permasalahan hukum formil, materiil, kepaniteraan dan kejurusitaan. “Dispensasi Nikah tentang pesyaratan pengajuan permohonan perkara dispensasi, sementara dalam perkara Isbath Nikah yang menjadi soal tentang kedudukan anak sebagai pihak. Khusus untuk Kejurusitaan, masalah yang dibahas terkait pemanggilan kepada para pihak secara tepat waktu. Kalau di bagian kepaniteraaan tentang masalah perbedaan perhitungan waktu upaya hukum banding antara perkara e-court dengan perkara biasa di mana kalau perkara e-court itu upaya hukum bandingnya menggunakan hari kerja, sementara perkara biasa menggunakan perhitungan hari kalender”, kata pak Panitera.

 Selain hal-hal yang dibahas di atas, juga dalam rangka menyikapi trend Raport SIPP Pengadilan Agama Bulukumba saat ini yang relatif stagnan, dibahas mengenai terobosan/trik dalam upaya meningkatkan pencapaian kinerja implementasi SIPP.

 Diskusi Hukum ini terlaksana atas prakarsa YM Ketua PA Bulukumba dan Panitera PA Bulukumba.  Tim IT PA Blk. 

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bulukumba

Jl. Lanto DG Pasewang No. 18, Bulukumba, Kode POS : 92512

Telp: 0413-81087
Fax: 0413-85087

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

 

 

 

  

w3c html 5 w3c wai AAA